Syair: Ditemukan Situs Diduga Candi di Sambimaya

Ditemukan Situs Diduga Candi di Sambimaya - Hallo sahabat puisi,pengertian dari syair dan contoh ragam syair,pengertian syair dan pantun pengertian puisi syair serta pengertian dan contoh syair Panahranah, Puisi, baca lagi di Pengertian syair Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ditemukan Situs Diduga Candi di Sambimaya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Berita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ditemukan Situs Diduga Candi di Sambimaya
link : Ditemukan Situs Diduga Candi di Sambimaya

Baca juga: sapiens, Pengertian syair


Ditemukan Situs Diduga Candi di Sambimaya

Penemuan lokasi bangunan diduga candi yang ditemukan beberapa waktu lalu di Blok Dingkel, Desa Sambimaya Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu kini mulai diekskavasi. Ekskavasi di struktur bata diduga bangunan candi itu, dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat dan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB).


Ekskavasi penyelamatan terhadap Obyek Didua Cagar Budaya (ODCB) struktur bata ini akan berlangsung 2-11 Desemeber 2020.

Ketua Tim Ekskavasi Penyelamatan Situs Dingkel, Soni Prasetiya Wibawa mengatakan dalam ekskavasi kali ini melibatkan Balai Arkeologi Jawa Barat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu serta Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu.

Ekskavasi juga melibatkan narasumber Nanang Saptono dari Balai Arkeologi Jawa Barat dan dua orang arkeolog lainnya. Sedangkan dalam prosesnya, didukung Polsek Juntinyuat, Koramil Juntinyuat dan pemerintah kecamatan setempat.

Termasuk Satgas Covid 19 Kecamatan Juntinyuat. “Saat ini telah berhasil mengidentifikasi struktur bata dengan jumlah lapisan sebanyak 8 lapis,” jelas Soni Prasetiya Wibawa, Minggu (6/12/2020).

Ia menambahkan, pada ekskavasi hari ketiga tim berhasil menemukan bata profil yang mengindikasikan bahwa itu bagian dari dinding di sisi selatan. Menurutnya, ukuran dan dimensi jenis dibuat pada masa lalu mirip dengan bata merah di komplek percandian Batujaya Kabupaten Karawang.

Dengan adanya temuan awal tersebut, Soni mengatakan pihaknya belum dapat menyimpulkan fungsi bangunan tersebut. “Ini baru penelitian awal dari sebuah ODCB yang ditemukan di Indramayu,” tuturnya.

Nantinya, temuan struktur yang merupakan ODCB ini akan dikaitkan dengan dimensional dan sebaran struktur lainnya. Untuk itu diperlukan kegiatan penelitian lanjutan yang melibatkan sejumlah pihak, antara lain Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Indramayu, BPCB Banten dan Balai Arkeologi Jawa Barat. Termasuk koordinasi instansional berkaitan dengan data spasial dilakukan dengan Bappeda dan Dinas PUPR Kabupaten Indramayu.

Soni berharap dengan adanya hasil penelitian awal ini, dapat memberikan informasi berkenaan dengan sejarah kebudayaan Kabupaten Indramayu. Untuk itu, maka diperlukan peran aktif pemerintah desa setempat, serta peran masyarakat khususnya warga Desa Sambimaya.

Termasuk peran Disbudpar dalam upaya penyelamatan dan pemeliharaan ODCB di Blok Dingkel. Salah satu upayanya dapat dilakukan dengan menunjuk salah seorang juru pelihara pada lokasi tersebut. “Ini penting untuk menjadikan peran penting dalam proses pelestarian dan pengembangan di masa mendatang,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu, Dedy S Musashi, menjelaskan ekskavasi penyelamatan yang dilakukan tim dari BPCB Banten merupakan langkah awal untuk dilakukan penelitian lanjutan.

Ia meminta agar masyarakat setempat tidak melakukan aksi vandalisme atau perusakan terhadap ODCB tersebut. TACB juga menyampaikan terimakasih kepada tim BPCB Banten yang telah melakukan ekskavasi penyelamatan terhadap situs diduga candi di Sambimaya. “Ke depan diharapkan ada penelitian lanjutan dari institusi terkait lainnya seperti Balai Arkeologi,” harapnya.

Sumber
https://www.kabarcirebon.com/2020/12/07/heboh-ditemukan-situs-diduga-candi-di-sambimaya/


Demikianlah Artikel Ditemukan Situs Diduga Candi di Sambimaya

Sekianlah artikel Ditemukan Situs Diduga Candi di Sambimaya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ditemukan Situs Diduga Candi di Sambimaya dengan alamat link Sapiens
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Berita