Syair: Program Politik Etis Penyelenggaraan Pendidikan bagi Masyarakat Pribumi

Program Politik Etis Penyelenggaraan Pendidikan bagi Masyarakat Pribumi - Hallo sahabat puisi,pengertian dari syair dan contoh ragam syair,pengertian syair dan pantun pengertian puisi syair serta pengertian dan contoh syair Panahranah, Puisi, baca lagi di Pengertian syair Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Program Politik Etis Penyelenggaraan Pendidikan bagi Masyarakat Pribumi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Edu Sejarah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Program Politik Etis Penyelenggaraan Pendidikan bagi Masyarakat Pribumi
link : Program Politik Etis Penyelenggaraan Pendidikan bagi Masyarakat Pribumi

Baca juga: sapiens, Pengertian syair


Program Politik Etis Penyelenggaraan Pendidikan bagi Masyarakat Pribumi

[] Soal Sejarah Indonesia Kelas X untuk SMK
Penyelenggaraan pendidikan bagi masyarakat pribumi agar mampu menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik, termasuk salah satu program politik etis, yaitu...
a. irigasi
b. edukasi
c. migrasi
d. transmigrasi
e. van deventer

[] Pembahasan

Gambar. Sekolah Masa Politik Etis
Sumber. berpendidikan.com

Politik Etis atau Politik Balas Budi adalah suatu pemikiran yang menyatakan bahwa pemerintah kolonial memegang tanggung jawab moral bagi kesejahteraan pribumi. Pemikiran ini merupakan kritik terhadap politik tanam paksa.

Pada 17 September 1901, Ratu Wilhelmina yang baru naik tahta menegaskan dalam pidato pembukaan Parlemen Belanda, bahwa pemerintah Belanda mempunyai panggilan moral dan hutang budi (een eerschuld) terhadap bangsa pribumi di Hindia Belanda. Ratu Wilhelmina menuangkan panggilan moral tadi ke dalam kebijakan politik etis, yang terangkum dalam program Trias Van Deventer yang meliputi:
  1. Irigasi (pengairan), membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian
  2. Emigrasi yakni mengajak penduduk untuk bertransmigrasi
  3. Edukasi yakni memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan

[] Jawaban
b. Edukasi

***


Demikianlah Artikel Program Politik Etis Penyelenggaraan Pendidikan bagi Masyarakat Pribumi

Sekianlah artikel Program Politik Etis Penyelenggaraan Pendidikan bagi Masyarakat Pribumi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Program Politik Etis Penyelenggaraan Pendidikan bagi Masyarakat Pribumi dengan alamat link Sapiens
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Edu Sejarah