Syair: Sultan Agung Mengusir VOC dari Batavia

Sultan Agung Mengusir VOC dari Batavia - Hallo sahabat puisi,pengertian dari syair dan contoh ragam syair,pengertian syair dan pantun pengertian puisi syair serta pengertian dan contoh syair Panahranah, Puisi, baca lagi di Pengertian syair Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sultan Agung Mengusir VOC dari Batavia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bank Soal, Artikel Edu Sejarah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sultan Agung Mengusir VOC dari Batavia
link : Sultan Agung Mengusir VOC dari Batavia

Baca juga: sapiens, Pengertian syair


Sultan Agung Mengusir VOC dari Batavia

[] Soal Sejarah Indonesia Kelas X
Mengapa Sultan Agung bersikeras untuk mengusir VOC dari Batavia? mengapa tidak berhasil?

[] Pembahasan

Gambar. Lukisan Sultan Agung Hanyokrosumo
Sumber. wartamuslim.com

VOC atau disingkat dengan Vereenidge Oostindische Compagnie yaitu Persekutuan Perusahaan Hindia Timur. Kongsi dagang asal Belanda yang memonopoli aktivitas perdagangan di Asia dan menyatukan perdagangan rempah-rempah dari wilayah Timur.

VOC didirikan atas gagasan dari anggota Parlemen Belanda bernama Johan van Oldebanelvelt. Van Oldebadenevel mengajukan usulan agar para pedagang Belanda bersatu untuk membentuk sebuah sarikat dagang. Maka pada tanggal 20 Maret 1602, atas prakarsa Pangeran Maurits dan Oldebanevelt didirikanlah kongsi dagang pertama di Belanda yang disebut Verenigde Oost-Indische Compagnie.

Sultan Agung Hanyokrokusumo (1613–1645) dikenal dengan sebutan Sultan Agung, ialah seorang raja yang paling terkenal dari Kerajaan Mataram Islam. Pada masa pemerintahan Sultan Agung ini Kerajaan Mataram mencapai puncak kejayaan Daerah kekuasaannya meliputi hampir seluruh Pulau Jawa. Hanya Jawa Barat yang belum masuk wilayah Mataram.

Antara Kesultanan Mataram Islam dengan VOC pada mulanya terjadi hubungan kerjasama yang baik. Namun lambat laun mulai terjadi konflik. Konflik ini disebabkan dengan sikap VOC yang tidak baik dan ingin memonopoli perdagangan.

Ada beberapa alasan mengapa Sultan Agung (Mataram) merencanakan serangan ke (VOC) di batavia.Alasan tersebut :

  1. VOC telah melakukan monopoli perdagangan
  2. VOC sering menghalang-halangi kapal-kapal dagang Mataram yang akan berdagang ke Malaka,
  3. VOC menolak untuk mengakui kedaulatan Mataram, dan
  4. Keberadaan VOC di Batavia telah eberadaan VOC di Batavia telah memberikan ancaman serius bagi masa depan Pulau Jawa.

Serangan Sultan Agung terhadap VOC di Batavia terjadi dua kali; pertama tahun 1628 dan kedua pada tahun 1929. Kedua serangan ini mengalami kegagalan. Kegagalan secara umum disebabkan antara lain:

  1. Kalah persenjataan
  2. Kekurangan bahan makanan
  3. Jarak yang terlalu jauh antara Mataram dengan Batavia
  4. Pembendungan sungai yang dilakukan oleh tentara Mataram ternyata berdampak menyebarnya wabah penyakit. ***


Demikianlah Artikel Sultan Agung Mengusir VOC dari Batavia

Sekianlah artikel Sultan Agung Mengusir VOC dari Batavia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sultan Agung Mengusir VOC dari Batavia dengan alamat link Sapiens
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Bank Soal,Edu Sejarah