Syair: Proses Interaksi Sosial

Proses Interaksi Sosial - Hallo sahabat puisi,pengertian dari syair dan contoh ragam syair,pengertian syair dan pantun pengertian puisi syair serta pengertian dan contoh syair Panahranah, Puisi, baca lagi di Pengertian syair Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Proses Interaksi Sosial, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bank Soal, Artikel Edu IPS, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Proses Interaksi Sosial
link : Proses Interaksi Sosial

Baca juga: sapiens, Pengertian syair


Proses Interaksi Sosial

[] Soal Ilmu Pengetahuan Sosial
Berlangsungnya proses interaksi sosial didasarkan beberapa faktor, contohnya seorang dokter menyarankan kepada pasien untuk dapat meminum obat tepat waktu, dan menyampaikan apabila tidak dilakukan akan berakibat fatal kepada pasien. Akhirnya  pasien tersebut mengikuti apa yang dianjurkan dokter.

Deskripsi diatas merupakan faktor penyebab interaksi sosial dalam bentuk...
a. Imitasi
b. Sugesti
c. Identifikasi
d. Motivasi

[] Pembahasan
Gambar. Ilustrasi Seorang Dokter
Sumber. alodokter.com

Interaksi sosial merupakan kegiatan yang setiap hari dilakukan oleh manusia. Yang dimaksud dengan interaksi sosial adalah kontak yang dilakukan oleh manusia dengan manusia yang lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung, baik melalui media maupun tidak. Contoh interaksi sosial adalah ketika kita mengobrol maupun sekedar bertelfonan. Chatting juga termasuk salah satu contoh interaksi sosial.


Dalam kehidupan sehari- hari, interaksi sosial diperngaruhi oleh berbagai macam faktor baik langsung maupun tidak langsung. Faktor- faktor yang mempengaruhi interaksi sosial terbagi dalam berbagai macam bentuk. Faktor- faktor ini bisa berwujud keinginan, kekaguman, dan juga perilaku meniru. Supaya lebih jelas mengena faktor- faktor yang mempengaruhi interkasi sosila, berikut ini merupakan uraiannya.

Ada 7 faktor yang mempengaruhi interaksi sosial;
1. Imitasi
2. Sugesti
3. Simpati
4. Identifikasi
5. Empati
6. Motivasi
7. Sikap kepada orang lain.

Berkaitan dengan soal di atas, faktor interaksi sosial adalah faktor Sugesti yang kita kenal sebagai tindakan mempengaruhi orang lain.

Sugesti merupakan pandangan atau sikap seseorang yang kemudian diterima dan juga diikuti oleh orang lain. Sugesti ini biasanya dibawa oleh pihak- pihak yang memiliki pengaruh terhadap orang lain, yang berwibawa dan dihormati, misalnya dokter maupun pejabat. Berlangsungnya sugesti ini hanya pada waktu tertentu saja. Sugesti ini biasanya berlangsung ketika pihak penerima sugesti mengalami kekalutan atau pikirannya sedang tidak stabil sehingga daya pikirannya terhambat oleh emosi. Berlangsungnya sugesti juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain sebagai berikut:

  • Keadaan pikiran yang sedang terpecah belah. Hal ini akan membuat orang mudah bingung atau bimbang sehingga mudah terkena sugesti.
  • Kemampuan berpikir seseorang yang terhambat dalam proses sugesti sehingga orang ini cenderung mudah menerima pengaruh dari orang lain tanpa berfikir panjang terlebih dahulu.
  • Faktor mayoritas. Proses sugesti akan lebih mudah apabila pendapat tersebut telah diterima oleh sebagian besar anggota masyarakat.
  • Faktor Otoritas. Proses sugesti akan lebih mudah terjadi apabila pihak pemberi sugesti memiliki keahlian atau otoritas di bidangnya.

Nah itulah beberapa faktor yang mempengaruhi sugesti. Dari beberapa faktor tersebut bisa disimpulkan bahwa sugesti akan lebih mudah terjadi pada pikiran yang tidak jernih.

[] Jawaban
b. Sugesti

***


Demikianlah Artikel Proses Interaksi Sosial

Sekianlah artikel Proses Interaksi Sosial kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Proses Interaksi Sosial dengan alamat link Sapiens
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Bank Soal,Edu IPS