Syair: Isi Rumusan Dasar Negara Indonesia oleh Mr. Muhammad Yamin

Isi Rumusan Dasar Negara Indonesia oleh Mr. Muhammad Yamin - Hallo sahabat puisi,pengertian dari syair dan contoh ragam syair,pengertian syair dan pantun pengertian puisi syair serta pengertian dan contoh syair Panahranah, Puisi, baca lagi di Pengertian syair Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Isi Rumusan Dasar Negara Indonesia oleh Mr. Muhammad Yamin, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Edu PPKn, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Isi Rumusan Dasar Negara Indonesia oleh Mr. Muhammad Yamin
link : Isi Rumusan Dasar Negara Indonesia oleh Mr. Muhammad Yamin

Baca juga: sapiens, Pengertian syair


Isi Rumusan Dasar Negara Indonesia oleh Mr. Muhammad Yamin

Soal PPKn
Bagaimana isi rumusan dasar negara Indonesia yang dikemukakan oleh Mr. Muhammad Yamin?

Pembahasan 
Gambar. Mr. Muhammad Yamin
Sumber.  Pedomanbengkulu.com

Setelah terbentuk, BPUPKI segera menyusun agenda kerja. Agenda pertama BPUPKI adalah membentuk dasar negara untuk Indonesia Merdeka. Dalam melaksanakan tugasnya, BPUPKI mengadakan dua kali persidangan. Sidang pertama pada tanggal 29 Mei – 1 Juni 1945 membahas tentang rumusan dasar negara Indonesia. Sedangkan sidang kedua dilaksanakan pada tanggal 10 juli – 16 Juli 1945 membahas tentang pembentukan Undang-Undang Dasar.

Salah satu tokoh yang mengemukakan rumusan dasar negara Indonesia adalah Mr. Muhammad Yamin. Muhammad Yamin menyatakan pemikirannya tentang dasar negara Indonesia merdeka dihadapan sidang BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945. Pemikirannya diberi judul “Asas dan Dasar Negara Kebangsaan Republik Indonesia”.

Berikut isi rumusan dasar negara Indonesia yang diusulkan Muhammad Yamin:
1.    Peri Kebangsaan
2.    Peri Kemanusiaan
3.    Peri Kerakyatan
4.    Peri Ketuhanan
5.    Kesejahteraan Rakyat

Dalam mengusulkan rancangan dasar negara Indonesia yang merdeka, Muhammad Yamin  menyatakan “...rakyat Indonesia mesti mendapat dasar negara yang berasal daripada peradaban kebangsaan Indonesia; orang Timur pulang kepada kebudayaan Timur”.

Keyword
#rumusan dasar negara #Mr. Muhammad Yamin


Demikianlah Artikel Isi Rumusan Dasar Negara Indonesia oleh Mr. Muhammad Yamin

Sekianlah artikel Isi Rumusan Dasar Negara Indonesia oleh Mr. Muhammad Yamin kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Isi Rumusan Dasar Negara Indonesia oleh Mr. Muhammad Yamin dengan alamat link Sapiens
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Edu PPKn