Syair: Sejarah Negara Guatemala

Sejarah Negara Guatemala - Hallo sahabat puisi,pengertian dari syair dan contoh ragam syair,pengertian syair dan pantun pengertian puisi syair serta pengertian dan contoh syair Panahranah, Puisi, baca lagi di Pengertian syair Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sejarah Negara Guatemala, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Edu Sejarah, Artikel Sejarah, Artikel Sejarah Amerika, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sejarah Negara Guatemala
link : Sejarah Negara Guatemala

Baca juga: sapiens, Pengertian syair


Sejarah Negara Guatemala

Republik Guatemala adalah sebuah negara di Amerika Tengah, di selatan benua Amerika Utara, berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Laut Karibia. Dia berbatasan dengan Meksiko di utara, Belize di barat laut, dan Honduras dan El Salvador di tenggara. Guatemala merupakan salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia.

Gambar. Peta Negara Guatemala
Sumber. https://sayedmuddasir.files.wordpress.com/2014/_0020_3.gif

Terletak paling utara di antara negara-negara Amerika Tengah. Luas daratannya sedikit lebih kecil dari Provinsi Kalimantan Barat ini, bertetangga dengan Meksiko di utara, barat dan timur, Belize, Honduras, dan El Salvador di timur.

Gambar. Bendera Negara Guatemala
Sumber. https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Flag_of_Guatemala.svg

Kecuali daerah pesisir selatan dan dataran rendah Petern yang luas di utara, daerah Guatemala kebanyakan bergunung, dengan iklim tropis panas — lebih ramah di dataran tinggi, dan lebih kering di departemen paling timur. Seluruh kota besar terletak di setengah bagian selatan dari negara tersebut; kota besarnya adalah ibu kota Guatemala City, Quetzaltenango dan Escuintla.

Danau besar Lago de Izabal terletak di dekat pesisir Karibia.

Sejarah Guatemala
Guatemala adalah salah satu pusat budaya Maya orang Indian zaman kuno. Pada tahun 1524 menjadi tanah jajahan Spanyol. Pada tahun 1527, Spanyol membentuk kantor gubernur di Guatemala, dan menguasai kawasan Amerika Tengah kecuali Panama. Pada tanggal 15, September Tahun 1821, Guatemala melepaskan dari pendudukan kolonial Spanyol, dan memproklamasikan kemerdekaan. Dari tahun 1822 hingga 1823, Guatemala menjadi bagian dari Kerajaan Mesiko. Pada tahun 1823, Guatemala bergabung dalam Federasi Amerika Tengah. Pada tahun 1839, Guatemala sekali lagi menjadi negara merdeka setelah pembubaran Federasi pada tahun 1838. Guatemala sekali lagi menjadi negara independen tahun 1839. Pada tanggal 21, Maret tahun 1847, Guatemala memproklamasikan pembentukan Republik.

Keadaan Politik Guatemala
Menurut konstitusi Tahun 1986, Guatemala melaksanakan sistem multi-politik. Presiden dipilih melalui pemilu, dan sebagai kepala negara, pemerintah dan Panglima Angkatan Bersenjata, menguasai hak administratif tertinggi negara. Majelis nasional adalah badan legislatif tertinggi negara. Kabinet adalah lembaga pelaksana pemerintah, dipimpin langsung oleh Presiden, dan Wakil Presiden sebagai asistan.

Daftar Referensi

Dalam tulisan ini kami menggunakan beberapa sumber;
  1. Wikipedia. Guatemala. diakses dari halaman https://id.wikipedia.org/wiki/Guatemala pada tanggal 06 November 2018. 
  2. Sayedmuddasir. Porfil Guatemala. Diakses dari halaman https://sayedmuddasir.wordpress.com/2014/04/26/profil-guatemala-2/ pada tanggal 7 November 2018.
oOo


Demikianlah Artikel Sejarah Negara Guatemala

Sekianlah artikel Sejarah Negara Guatemala kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sejarah Negara Guatemala dengan alamat link Sapiens
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Edu Sejarah,Sejarah,Sejarah Amerika